Panjalu

Diposting oleh Dina Panjalu Kamis, 10 September 2009

Panjalu adalah sebuah kecamatan di wilayah Provinsi Jawa Barat, tepatnya di Kabupaten Ciamis. Pada awalnya kecamatan Panjalu memiliki 13 Desa, namun setelah adanya pemekaran kecamatan dengan terbentuknya kecamatan Sukamantri, kecamatan Panjalu kini terdiri dari 8 Desa, 60 Dusun, 121 RW dan 287 RT (Sumber: Podes Daerah 2008 Kab.Ciamis).

Panjalu adalah salah satu kawasan tujuan wisata di Kabupaten Ciamis selain Pangandaran yang terkenal dengan pantainya. Panjalu memiliki objek wisata diantaranya Situ Lengkong Panjalu dan Curug Tujuh.

Situ lengkong Panjalu adalah danau seluas kurang lebih 160 Ha dengan kedalaman 5-8 meter. Ditengah situ/danau terdapat pulau kecil/nusa yang disebut dengan Nusa Gede. Bukan hanya Situ Lengkong dan Nusa Gede saja, disekitar Situ Lengkong Panjalu juga terdapat tempat-tempat lainnya seperti Nusa Pakel dan Bumi Alit. Khusus Bumi Alit, tempatnya agak jauh dari Situ Lengkong. Bumi Alit sendiri merupakan musium tempat penyimpanan benda-benda pusaka Kerajaan Panjalu.

Setiap tahun tepatnya pada bulan Maulud, di Panjalu selalu dilaksanakan Upacara Adat Nyangku. Nyangku adalah rangkaian tradisi yang dilakukan masyarakat Panjalu dalam rangka memperingati Maulud Nabi Muhammad saw. Tradisi ini dimulai dengan pengajian/dzikir pada malam hari dan pada pagi hari dilakukan arak-arakan sambil sholawatan yang diiringi dengan gembyungan dan genjringan, kemudian ditutup dengan upacara membersihkan benda-benda pusaka Kerajaan Panjalu melalui suatu upacara adat. Kata Nyangku itu sendiri memiliki arti : Membersihkan Diri.

2 komentar

  1. dina Says:
  2. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.  
  3. oke jg tuh danaunya,promoin donk yg lainnya okayy.

     

Posting Komentar

bookmark
bookmark
bookmark
bookmark
bookmark